Sekda Mempawah Hadiri Kunker Wamen PANRB Bahas Peningkatan Pelayanan Publik

Mempawah, MC - Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, menghadiri kunjungan kerja Wakil Menteri PANRB, Purwadi Arianto, ke Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Kegiatan berlangsung di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Kamis (17/7/2025).

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalbar Ria Norsan, Sekda Provinsi Kalbar Harisson, serta para Sekda kabupaten/kota, Kepala OPD, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Bagian Organisasi se-Kalimantan Barat.

Dalam arahannya, Wamenpan-RB, Purwadi Arianto menyampaikan pelayanan publik berkualitas dan inklusif adalah bagian dari arah pembangunan jangka panjang bangsa. Oleh karena itu, setiap pembenahan layanan publik harus dilakukan hari ini, baik dalam bentuk digitalisasi, inovasi, maupun integrasi layanan merupakan kontribusi langsung terhadap masa depan bangsa.

Purwadi menekankan pentingnya keterpaduan antar unit pelayanan dan menyatukan pelayanan publik di satu tempat, seperti Mal Pelayanan Publik, untuk memudahkan masyarakat. Menurutnya, kualitas pelayanan publik sangat ditentukan oleh petugas di lini terdepan (frontliner).

"Dari waktu ke waktu, secara kuantitas apalagi secara kualitas, pelayanan publik di garis depan harus ditingkatkan kompetensinya. Sehingga lebih humble melayani masyarakat, kemudian bebas korupsi, lalu mereka ramah, kemudian merespon dengan cepat dan tulus dalam melayani masyarakat," tegas Wamen.

Ia menyimpulkan bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan publik adalah cepat, tepat, dan akurat. Dengan demikian, kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah akan terus meningkat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, menyambut baik arahan Wamen PANRB tersebut. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Mempawah berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan publik secara terintegrasi dan berkelanjutan.

"Kami terus mendorong inovasi dan kolaborasi lintas perangkat daerah untuk memastikan masyarakat memperoleh pelayanan yang mudah, cepat, dan berkualitas," ungkap Ismail. (Prokopim)