PT Pelindo II Sambut Kunjungan Jajaran Pemkab Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 09 MEI 2018
http://mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_6928583139_Kunker_wEB.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Plt Bupati Mempawah Gusti Ramlana beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Mempawah, melakukan kunjungan kerja di International Port Center (IPC) PT Pelindo II Jalan Pasoso No. 1 Tanjung Priok Kota Jakarta Utara, Selasa (8/5). PT Pelindo II sangat menyambut baik kunjungan Pemkab Mempawah sebagai upaya terealisasinya pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia nomor 43 Tahun 2017, tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak,  di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. “Dengan dikeluarkannya Perpres ini berarti telah ada perintah langsung yang diturunkan Presiden kepada pelaksana, yakni PT Pelindo II,” papar Ramlana. Pembanguanan Pelabuhan Kijing ini sudah sangat lama dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Mempawah khususnya, dan Kalimantan Barat secara umum.

Menindak lanjuti kerjasama tersebut dilakukan singkronisasi tata ruang yang ada di Kabupaten Mempawah, sehingga perlu dilakukan peninjauan kembali dari tata ruang yang sudah ada sesuai dengan peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Mempawah nomor 3 Tahun 2014, tentang rencana tata ruang Kabupaten Mempawah Tahun 2014 – 2034.

“Untuk pembebasan Lahan akan dilakukan secara bertahap diantaranya mulai tahap 1 mencapai  70 Ha, tahap 2 mencapai 200 Ha, kemudian tahap 3 mencapai 1.350 Ha, dan sisanya akan yang akan masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sekitar 3.380 Ha, total memcapai 5000 Ha,” ucap Ramlana.

“Direktur Teknik dan Manejemen Risiko PT Pelindo II, Dani Rusli Utama mengatakan, pada intinya peninjauan kembali tata ruang telah disetujui, dan ini akan berdampak pada murahnya biaya produksi, dan penyerapan tenaga kerja sangatlah besar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Mempawah,” pungkasnya. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah