Peringatan Hari Otonomi Daerah XXII di Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 26 APRIL 2018
http://mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_9424729501_Otda_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Plt Bupati Mempawah, Gusti Ramlana menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke-22 tahun 2018, di halaman Kantor Bupati Mempawah, Rabu(25/4). Dalam sambutannya Ramlana menyampaikan langsung Amanat tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumulo. “disampaikan bahwa penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan Demokratis merupakan cara paling efektif untuk mewujudkan kesejahreraan rakyat, itulah sebabnya tema Hari Otda Tahun 2018 ini mengusung tema, Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis,” ucap Ramlana.

“Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis artinya bukan hanya mengharuskan Daerah – daerah menjalankan kewenangan Otonomi Daerah berlandaskan kepada Perundang – undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama, dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggung- jawabkan kepada rakyat,” ucap Ramlana.

“Selain itu penyelenggaraan Otda yang diarahkan untuk membangun tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama Otonomi Daerah yaitu, peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan, kualitas pelayanan publik, dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Namun jika prinsip – prinsip ini diabaikan, maka penyelenggaraan Otda tidak akan pernah sampai pada tujuannya,” tegas Ramlana.

Ramlana juga menegaskan bahwa daerah harus berinovasi, bukan hanya sebagai solusi atas berbagai persoalan di daerah, tetapi juga akan meningkatkan daya saing serta sebagai gerbang menuju kesejahteraan. Maka akan terwujudlah daripada Nawa Cita yang merupakan cita – cita kita bersama. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah