Pemkab Mempawah dan Pemkot Singkawang Teken MoU

  • BY DAVID
  • ON 04 MEI 2018
http://mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3809358418_Mou_Web.jpg

Mempawah Diskominfo – Plt. Bupati Mempawah Gusti Ramlana (kiri) bersama Asisten Pemerintahan Kota (Pemkot) Singkawang, Heri Apriyadi (kanan) menandatangani kesepakatan bersama (MoU) pada kegiatan kerjasama antara Kabupaten Mempawah, dengan Kota Singkawang di Kantor Walikota Singkawang Kamis, (3/5).

“UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah memberikan legalitas yang besar untuk dilaksanakannya kerjasama pembangunan, baik dengan pihak ketiga (publik atau swasta), maupun kerjasama antar daerah yang bertetangga,” ucap Ramlana. Pasal 363 ayat 1 dinyatakan, bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerjasama dengan daerah lain yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan.

“Bahkan, lanjut Ramlana, dalam Pasal 363 ayat 2 dijelaskan bahwa, kerjasama sebagaimana dimaksud pada ayat satu dapat dilakukan dengan daerah lain, lembaga, atau Pemerintah Daerah di luar Negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan,” jelas Ramlana.

Hal diatas menunjukan adanya sebuah tren baru administrasi publik, yakni adanya keterkaitan (interconnection) dan saling ketergantungan (interdependence) antara Pemerintah Daerah yang satu, dengan Pemerintah Daerah lainnya.

“Asisten Pemkot Singkawang mengatakan, maksud dari ditandatangani MoU ini adalah, sebagai dasar melakukan kerjasama di beberapa bidang dalam rangka menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah dan mewujudkan efisiensi, efektifitas, dan sinergisitas dalam penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat, sedangkan tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Mempawah, dan Kota Singkawang,” pungkas Heri.

Objek kerjasama dalam kesepakatan ini adalah, penyelenggaraan urusan dengan ruang lingkup yang meliputi, sub urusan Sumber Daya Manusia (SDM), Tenaga Kerja, Metrologi Legal, dan Pelayanan Kesehatan.

Dan akhirnya, dengan disepakati kerjasama ini“ Atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Singkawang yang telah berkenan melangsungkan kerjasama penyelenggaraan urusan Pemerintahan ini, semoga akan berjalan efektif, efisien dan berdaya guna bagi kedua daerah,” ucap Ramlana. (Dvd)  

Tags Terkait

Pemkab Mempawah