[tab:GAMBARAN UMUM]\n

Sekretariat DPRD Kabupaten Mempawah dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2010 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pontianak, dan Peraturan Bupati Pontianak Nomor 25 Tahun 2010 tentang Tugas dan Fungsi Organisasi Sekretariat Daerah Perwakilan Rakyat Daerah.

\n

Sekretariat DPRD Kabupaten Mempawah merupakan salah satu institusi yang berperan langsung dalam pelayanan kegiatan Anggota DPRD.

\n

Sekretariat DPRD beralamat di Jalan Raden Kusno No. 15, Mempawah, Telpon : (0561) 691007 ; Fax : (0561) 691235

\n[tab:DATA PEGAWAI]\nDATA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD BERDASARKAN PANGKAT / GOL. RUANG\n\nDATA SEKRETARIAT DPRD BERDASARKAN ESELON\n\n\n[tab:VISI DAN MISI]\n\nVISI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN MEMPAWAH\n\nTERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA DALAM RANGKA KELANCARAN TUGAS, KEWENANGAN, HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN MEMPAWAH\n

"Makna yang terkandung dalam Visi tersebut bahwa Sekretariat DPRD dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada Anggota DPRD, harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat, mudah dan mudah melalui data yang akurat, meningkatkan jalinan koordinasi yang baik dengan kelembagaan diluar eksekutif maupun antar legislatif dengan eksekutif,dengan mengupayakan Sekretariat DPRD sebagai jembatannya. Sehingga pada akhirnya diharakan Sekretariat DPRD mampu untuk selalu menciptakan hubungan yang harmonis antara legislatif dan eksekutif khususnya maupun masyarakat pada umumnya."

\nMISI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN MEMPAWAH\n

1. Meningkatkan Sumber Daya Aparatur,

\n

2. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Administrasi Publik,

\n

3. Meningkatkan Kompetensi Anggota DPRD.

\n

Makna yang terkandung dalam masing-masing misi tersebut adalah :

\n\n
    \n\t
  1. \n

    Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur perlu mendapatkan perhatian. Dengan memiliki aparatur yang berkualitas dan proposional diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya khususnya kepada Anggota DPRD Kabupaten Mempawah dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kualitas aparatur ini dapat ditempuh melalui peningkatan pendidikan, keterampilan, kesehatan maupun kesejahteraan pegawai Sekretariat DPRD.

    \n
  2. \n\t
  3. \n

    Menyediakan sarana dan prasarana publik dipandang perlu baik untuk keperluan Sekretariat DPRD maupun Anggota DPRD karena akan membantu dalam rangka menunjang kelancaran dan kesuksesan tugas-tugas yang akan dilakukan, sesuai rencana dan aturan yang berlaku.

    \n
  4. \n\t
  5. \n

    Pelaksanaan peningkatan kompetensi Anggota DPRD harus terus ditingkatkan guna lebih memberdaya gunakan keanggotaan DPRD sehingga pada akhirnya memberikan kemampuan Anggota DPRD dalam menyikapi aspirasi-aspirasi daerah dan masyarakat sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

    \n
  6. \n
\n \n\n \n\n[tab:KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n\nSasaran 1 :\n\nMeningkatkan Profesionalisme Dan Akuntabilitas Pegawai\n

Kebijakan : Penataan Kelembagaan dan Aparatur Secara Maksimal

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
  2. \n\t
  3. Pelayanan Administrasi Perkantoran
  4. \n\t
  5. Peningkatan Disiplin Aparatur
  6. \n\t
  7. Peningkatan Sumber Daya Manusia
  8. \n
\n

Sasaran 2 :

\nMeningkatkan Sarana dan Prasarana Kantor Serta Rumah Tangga\n

Kebijakan : Memfasilitasi Ketersediaan Barang dan Jasa Yang Dibutuhkan

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Peningkatan sarana dan Prasarana Kantor Serta Rumah Tangga Pimpinan DPRD
  2. \n
\n

Sasaran 3 :

\nMeningkatkan Pemeliharaan sarana dan Prasarana Kantor Serta Rumah Tangga\n

Kebijakan : Memfasilitasi Ketersediaan Pemeliharaan sarana dan Prasarana kantor

\nProgram :\n
    \n\t
  1. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pemerintah
  2. \n
\n

Sasaran 4 :

\nMendorong Kemampuan Anggota DPRD\n

Kebijakan : Memfasilitasi dan Pengorganisasian Pelaksanaan Tugas Anggota DPRD

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah
  2. \n
\n

Sasaran 5 :

\nMeningkatkan Profesionalisme Dan Akuntabilitas Anggota DPRD\n

Kebijakan : Memfasilitasi Peningkatan dan Pemberdayaan Anggota DPRD

\nProgram :\n
    \n\t
  1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  2. \n
\n

Sasaran 6 :

\nMeningkatkan Kualitas Produk Hukum Yang Disetujui Oleh DPRD\n

Kebijakan : Memfasilitasi Teciptanya Produk Hukum dan Persidangan Sesuai Dengan Peraturan Yang Berlaku

\nProgram : 1. Penataan Peraturan Perundang-undangan\n\n[tab:SARANA DAN PRASARANA]\n

Dalam rangka menunjang kelancaran tugas-tugas kesekretariatan DPRD dan Anggota DPRD, maka sarana dan prasarana sangatlah diperlukan guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas tersebut. Untuk sarana dan prasarana kantor, keseluruhan pengadaan barang dikelola oleh Sekretariat DPRD khususnya Panitia Pengadaan Barang dan Jasa sedangkan peruntukkannya ada yang digunakan bagi Kantor Sekretariat DPRD dan ada untuk keperluan Anggota DPRD karena kedudukannya sebagai Pimpinan DPRD, Badan Kehormatan dan Anggota Komisi-komisi DPRD (A, B, C, D) serta fasilitas lainnya yang ditempatkan pada Mess DPRD, Rumah Dinas Ketua DPRD dan Rumah Dinas Wakil Ketua DPRD.

\n

Pengadaan sarana dan prasarana dalam hal ini dikelola oleh Sekretariat DPRD akan tetapi kegunaannya tidak hanya semata-mata untuk kepentingan Sekretariat DPRD tetapi juga untuk kepentingan Komisi-komisi DPRD (A, B, C, D), Fraksi-fraksi DPRD (apabila kondisi memungkinkan) dan Rumah Pimpinan DPRD yang terkait dengan menunjang kelancaran tugas.

\n

Kemudian untuk sarana penunjang lainnya antara lain berupa terbitan berkala agar arus informasi dapat diikuti dengan cepat baik oleh Pegawai Sekretariat DPRD maupun Anggota DPRD.

\n

\n[tab:STRUKTUR ORGANISASI]\n