SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN MEMPAWAH DIBENTUK BERDASARKAN PERATURAN BUPATI MEMPAWAH NOMOR  52   TAHUN   2016

 

ADAPUN TUGAS DAN FUNGSI  POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN  MEMPAWAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

 

  1. Satuan Polisi Pamong Praja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 mempunyai tugas menegakkan peraturan perundang-undangan daerah, memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Satuan Polisi Pamong Praja menyelenggarakan fungsi :
    1. Penyusunan program dan pelaksanaan penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah, memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat; 
    2. Pelaksanaan kebijakan penegakan Peraturan Daerah dan peraturan kepala daerah;
    3. Pelaksanaan kebijakan pemeliharaan dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat  di daerah;
    4. Pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat;
    5. Pelaksanaan koordinasi penegakan Peraturan perundang-undangan Daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman  masyarakat dengan aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia, Penyidik Pegawai Negeri Sipil  (PPNS) dan/atau aparatur lainnya;
    6. Pengawasan terhadap masyarakat, aparatur atau badan hukum agar mematuhi dan menaati Peraturan Daerah dan peraturan kepala daerah;
    7. Pelaksanaan urusan ketatausahaan ;
    8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

STRUKTUR ORGANISASI