1. LETAK

Secara geografis Kabupaten Mempawah terletak pada posisi 0°44’ Lintang Utara dan 0°0,4’Lintang Selatan serta 108°24’- 109° 21,5’ Bujur Timur. Karakte rfisik wilayah terdiri dari daerah daratan dan pulau-pulau pesisir yang memiliki lautan.

Secara administrative Perbatasan Kabupaten Mempawah adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara      :   Berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang
  2. Sebelah Selatan   :   Berbatasan  dengan  Kabupaten  Kubu  Raya  dan  Kota Pontianak
  3. SebelahTimur      :   Berbatasan dengan Kabupaten Landak
  4. Sebelah Barat      :   Berbatasan dengan Selat Karimata

 

  1. LUAS WILAYAH

Pada Tahun 2007 Kabupaten Pontianak dimekarkan dengan membentuk Kabupaten Kubu Raya yang didasarkan pada Undang-undang Nomor 35 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten  Kubu Raya. Sebelumnya pada Tahun 1999 Kabupaten Pontianak juga telah dimekarkan dengan membentuk Kabupaten Landak yang didasarkan pada Undang-undang Nomor 55 Tahun 1999, yang kemudian  dirubah  dengan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2000 tentang Perubahan  Undang-undang  Nomor 55 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Landak. Sebagai konsekuensi langsung dari pemekaran tersebut adalah berkurangnya luas Kabupaten Pontianak secara signifikan dari 18.171,20 km² dengan 28 Kecamatan sebelum Tahun 1999 (Dimekarkannya Kabupaten Landak) menjadi 8.262,10 km² dengan  18 Kecamatan  setelah  pemekaran.  Selanjutnya   dengan  pemekaran  kembali Kabupaten Pontianak dengan membentuk Kabupaten Kubu Raya pada Tahun 2007, maka luas Kabupaten Pontianak setelah dimekarkan kembali menjadi hanya seluas ± 3.816,96km² dengan 9 Kecamatan dan 115desa serta 11 kelurahan. (sumber data : http://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/, April 2016)

Selanjutnya dalam perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Pontianak dan dengan dilatarbelakangi oleh faktor sejarah, budaya, adat istiadat masyarakat Kabupaten Pontianak, maka berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tanggal 21 juli 2014, Nama Kabupaten Pontianak berubah menjadi Kabupaten Mempawah.

Berikut Tabel Luas Kabupaten Pontianak sebelum dan setelah  dimekarkan.

 Tabel  1

Luas Kabupaten Pontianak Sebelum dimekarkan dan Setelah dimekarkan

 Dengan kondisi demikian dapat dilihat bahwa  Kabupaten Mempawah pada Tahun 2015 memiliki 9 (sembilan) kecamatan dengan komposisi luas sebagai berikut:

 Tabel 2

Luas Kabupaten Mempawah Per Kecamatan Per – April 2016

Untuk mencapai Ibu Kota Kabupaten dilalui melalui jalur darat. Adapun jarak tempuh dari Kecamatan dengan Ibu Kota Kabupaten, sebagai berikut :

Tabel 3

Jarak Masing-masing Kecamatan ke Ibu Kota Kabupaten Mempawah

Sebagai daerah pesisir, ada 3 kecamatan di Kabupaten Mempawah yang memiliki pulau- pulau kecil diwilayahnya. Berikut ini pulau-pulau kecil yang terdapat di Kabupaten Mempawah:

Tabel 4

Sebaran Pulau-pulau Kecil di Kabupaten Mempawah

Pulau kecil dengan keragaman sumber daya hayati di dalamnya seperti terumbu karang,hutan mangrove, pantai berpasir, pantai berbatu dan delta merupakan Sumber Daya  Alam yang potensial.

  1. IKLIM

Iklim di Kabupaten Mempawah lebih dipengaruhi oleh iklim pancaroba sebagaimanai klim daerah yang berada pada daerah khatulistiwa.

Curah hujan di suatu tempat antara lain dipengaruhi oleh keadaan iklim, keadaan Topografi dan perputaran / pertemuan arus udara. Oleh karena itu jumlah curah hujan beragam menurut bulan dan letak stasiun pengamat. Rata-rata curah hujan di Kabupaten Mempawah pada Tahun 2012 berkisar antara 54,7s/d319,3 milimeter. Rata-rata curah hujan bulanan tertinggi terjadi pada bulan Desember mencapai 319,3 milimeter, sedangkan rata-rata curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni, yaitu mencapai 54,7 milimeter.

Pada Tahun 2012, jumlah hari hujan di Kabupaten Mempawah berkisar antara 9s/d28 hari hujan. Jumlah hari hujan tertinggi terjadi pada Bulan November mencapai 28 hari hujan dan jumlah hari hujan terendah terjadi pada Bulan Juni yang mencapai 9 hari hujan. Kabupaten Mempawah mempunyai kelembaban udara (lembab nisbi) relative tinggi dimana pada Tahun 2012 rata-rata berkisar 82 persen sampai 86 persen.

Suhu udara di suatu tempat antara lain ditentukan oleh tinggi rendahnya tempat tersebut dari permukaan air laut dan jaraknya dari pantai. Berdasarkan data dari stasiun klimatologi Siantan Tahun 2011, temperatur udara rata-rata berkisar antara 26,4ºC sampai dengan 27,7ºC. Temperatur udara maksimum terjadi pada Bulan Mei yaitu sebesar 32,3ºC, sedangkan temperatur udaraminimum terjadi padaBulan September, yaitu sebesar 23,1ºC.