Dengan   adanya   pemekaran   wilayah   yang   berakibat   berkurangnya   luas   Kabupaten Mempawah secara signifikan, maka kondisi tersebut secara langsung juga mengakibatkan berkurangnya jumlah penduduk Kabupaten Mempawah. Jumlah Penduduk Kabupaten Mempawah sampai dengan akhir Bulan Desember 2015 adalah sebanyak 298.978 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 153.129 Jiwa  atau sebesar 51 % dan perempuan sebanyak 145.849 jiwa atau 49 % dari total penduduk Kabupaten Mempawah. Jumlah penduduk per Kecamatan secara lebih rinci dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel 1

 JUMLAH PENDUDUK MENURUT JENIS KELAMIN

KABUPATEN MEMPAWAH TAHUN 2015

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Mempawah dapat dilihat dari perbandingan jumlah penduduk pada tahun sebelumnya.

GAMBAR : 1

Berdasarkan data jumlah penduduk, dapat dilihat perbandingan dari tahun 2008 sampai dengan 2015terakhir sebagai berikut

Tabel 2

PERTUMBUHAN PENDUDUK KABUPATEN MEMPAWAH 

TAHUN 2008 – 2015

Berdasarkan  data diatas  pertumbuhan  penduduk  Kabupaten  Mempawah trrmasuk  rendah, selama kurun waktu 31 Desember 2008 sampai dengan Desember 2015, pertumbuhan penduduk Kabupaten Mempawah kurang dari satu persen  yaitu hanya mencapai 0,99%. Angka pertumbuhan penduduk ini dihitung berdasarkan data hasil Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Lajunya pertumbuhan penduduk perlu menjadi perhatian instansi dan pihak-pihak terkait. Pengendalian lajunya pertumbuhan penduduk akan berimplikasi pada pengaturan tingkat kesejahteraan masyarakat, apalagi pada umumnya  yang tidak bisa mengendalikan angka kelahiran terjadi pada keluarga yang kurang mampu. Kondisi ini semakin memperparah kondisi ekonomi masyarakat.

Secara umum masyarakat Kabupaten Mempawah bekerja sebagai Petani yang merupakan mata pencaharian sehari-hari, yaitu sebesar 18 % dari total penduduk usia kerja. Sedangkan yang masih belum bekerja sebesar 55 % dari total penduduk yang masuk dalam usia produktif yaitu sebanyak 154.214 Jiwa. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Tabel 3

PENDUDUK MENURUT MATA PENCAHARIAN

KABUPATEN MEMPAWAH TAHUN 2015

untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Gambar 2 :