A. Perikanan?\n

Kabupaten Mempawah memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup besar namun pengelolaannya belum optimal. Sejauh ini, penangkapan ikan baru di lakukan mengunakan kapal motor dengan tonase yang masih kecil sehingga hasil yang didapat belum memadai, apa lagi dengan luas perairan laut Kabupaten Mempawah yang hanya memiliki 6 orang tenaga penyuluh perikanan mengakibatkan kurang optimalnya pengertian masyarakat dalam pengembangan ikan budidaya dan tangkap. ?untuk itu masih ada peluang atau potensi ekonomi dibidang kelautan dan perikan yg masih bisa menarik investasi baik lokal maupun investor luar, adapun peluang yang ada meliputi :

\n\n
    \n\t
  • Budidaya air tawar dengan luas lahan 51,60 Ha potensi yang dapat dikembangkan 138,50 Ha, dengan komoditi unggulan Ikan Mas, Ikan Nila, Lele yang tersebar diseluruh kecamatan Kabupaten Mempawah.Perikanan
  • \n\t
  • Budidaya air payau dengan luas lahan 51,50 Ha dengan potensi lahan yang dapat dikembangkan 902 Ha. Komoditinya adalah Udang Windu dan udang vanamai dan ikan bandeng. Tersebar di Kecamatan Sui. Kunyit, Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Pinyuh dan Siantan.
  • \n\t
  • Budidaya laut terdapat di Kecamatan Sui. Kunyit (Pulau Temajo) dengan luas lahan 0,05 Ha dan dapat dikembangkan 10 Ha. Komoditi : Ikan Kakap Putih, Kerupuk, Rumput Laut dan lain - lain.
  • \n
\n

Produksi Perikanan Budidaya tahun 2011 = 1.729,70 ton. Dilihat dari aspek pemasaran komoditi perikanan baik dari?usaha penangkapan maupun budidaya memiliki peluang pasar yang sangat baik karena meningkatnya pasar lokal maupun ekspor. Sedangkan produksi perikanan tangkap pada tahun 2011 = 5.143,80 ton.

\n

B. Peternakan

\n

PeternakanJenis ternak dan hasil ternak yang telah dikembangkan dan merupakan komoditi unggulan Kabupaten Mempawah adalah sapi potong, Kambing, Ayam Ras, Ayam Buras, Susu Segar dan Telur Ayam Arab. Peluang pengembangan ternak sangat baik karena didukung? oleh ketersediaan lahan yang cukup luas dan produksi pakan yang cukup memadai sehingga masih memiliki potensi ekonomi di bidang peternakan guna membuka peluang investasi ?peternakan. Khusus untuk susu segar telah berdiri peternakan sapi yang memproduksi susu segar yaitu CV. SARI PATI SEMUDUN JAYA / ATK di kecamatan Sungai Kunyit dengan? produksi 60.000 liter/bulan.

\n

Potensi Sub Sektor Peternakan dengan berbagai macam ternak dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

\n

Tabel Peternakan