[tab:UMUM]\n\n\n

Keberadaan perpustakaan yang dimiliki dapat menggambarkan tingkat peradaban dan budaya suatu bangsa. Bentuk peradaban dan budaya suatu bangsa dapat berupa tanda, gambar, dan tulisan yang berisi rekaman gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia yang tertulis pada media tertentu. Perpustakaan merupakan tempat untuk mengumpulkan dan mengelola berbagai macam rekaman gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia, sehingga peranan perpustakaan sebagai sistem pengelolaan rekaman khususnya yang berbentuk dokumen karya cetak dan karya rekam lainnya mempunyai fungsi utama melestarikan hasil budaya umat manusia tersebut dan menyampaikan gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia itu kepada generasi-generasi selanjutnya. Dengan adanya penemuan mesin cetak, pengembangan teknik rekam, dan pengembangan teknologi digital yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mempercepat tumbuh-kembangnya perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan menjadi semakin kompleks.

\n

Perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat dengan adanya sistem perangkat komputer dan internet, memungkinkan aliran data dan informasi dapat diperoleh secara lebih cepat dan mampu menampilkan lebih banyak keragaman koleksi serta dengan tampilan yang menarik. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi seyogyanya dapat memanfaatkan teknologi digital yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pengelolaan perpustakaan yang semakin kompleks.

\n

Tujuan pelaksanaan fungsi perpustakaan adalah terbentuknya masyarakat yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat dan mendukung Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana diatur dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan kebudayaan. Dalam Deklarasi World Summit of Information Society-WSIS, 12 Desember 2003, perpustakaan sebagai bagian dari masyarakat dunia ikut serta membangun masyarakat informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

\n

Oleh karena itu, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah merupakan salah satu perangkat daerah dibawah naungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak yang ikut serta dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Pontianak dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan sejahtera Tahun 2014 dan misi Kabupaten Pontianak diantaranya adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

\n\n

Perpustakaan Umum Daerah (PERPUSDA) Kabupaten Pontianak mulai beroperasional Tahun 1984, berikut Runtutan Landasan Produk Hukum Daerah yang mengatur kelembagaan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pontianak:

\n\n
    \n\t
  1. Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 1983 tentang Perubahan Pertama Peraturan Daerah Kabupaten Dati II Pontianak Nomor 2 Tahun 1979 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Setwilda Tk.II Pontianak dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 23 Maret 1983 (Lembaran Daerah Tahun 1983 Nomor 07 Seri D Nomor 05), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Subbag Perpustakaan Bagian Organisasi dan Hukum Setwilda Tk.II Kabupaten Pontianak.
  2. \n\t
  3. Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 1988 tentang Perubahan Kedua Peraturan Daerah Kabupaten Dati II Pontianak Nomor 2 Tahun 1979 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Setwilda Tk.II Pontianak dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 24 September 1988 (Lembaran Daerah Tahun 1988 Nomor 08 Seri D Nomor 07), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Subbag Perpustakaan Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan Setwilda Tk.II Kabupaten Pontianak.
  4. \n\t
  5. Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 1989 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Setwilda Tk.II Pontianak dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 23 November 1989 (Lembaran Daerah Tahun 1990 Nomor 03 Seri D Nomor 02), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Subbag Perpustakaan Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan Setwilda Tk.II Kabupaten Pontianak
  6. \n\t
  7. Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 1992 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Setwilda Tk.II Pontianak dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 17 Oktober 1992 (Lembaran Daerah Tahun 1993 Nomor 04 Seri D Nomor 03), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Subbag Perpustakaan Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan Setwilda Tk.II Kabupaten Pontianak
  8. \n\t
  9. Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2001 tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 31 Juni 2001 (Lembaran Daerah Tahun 2001 Nomor 05), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Subbag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pontianak.
  10. \n\t
  11. Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2003 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 21 Oktober 2003 (Lembaran Daerah Tahun 2003 Nomor 21 Seri D Nomor 06), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Seksi Perpustakaan Kantor Informasi, Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pontianak.
  12. \n\t
  13. Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2005 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pontianak Tanggal 5 April 2005 (Lembaran Daerah Tahun 2005 Nomor 02 Seri D Nomor 01), berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Seksi Perpustakaan Kantor Informasi, Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pontianak.
  14. \n\t
  15. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negera Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4741), berdasarkan Peraturan ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Seksi Perpustakaan Kantor Informasi, Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pontianak.
  16. \n\t
  17. Peraturan Daerah Kabupaten Pontianak Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pontianak (Lembaran Daerah Kabupaten Pontianak Tahun 2010 Nomor 1),
  18. \n\t
  19. Peraturan Daerah Kabupaten Pontianak Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pontianak, berdasarkan Peraturan Daerah ini maka pengelolaan Perpustakaan Daerah berada di bawah Seksi Pelayanan dan Informasi Perpustakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak sampai saat ini.
  20. \n
\n[tab:DATA PEGAWAI]\n\nKantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi didukung oleh 37 orang pegawai dengan komposisi sebagai berikut :\n\nPegawai Negeri Sipil dengan jumlah 37 orang.\n

Tabel 1

\n

DATA PEGAWAI BERDASARKAN JABATAN STRUKTURAL

\nPUSARDA 1\n

Tabel 2

\n

DATA PEGAWAI BERDASARKAN PANGKAT / GOLONGAN RUANG

\n \n\nPUSARDA 2\n\n \n\n

\n\n[tab:VISI DAN MISI]\n

VISI

\n

Meningkatnya persaingan di era globalisasi saat ini, kemampuan melihat, memanfaatkan dan mengendalikan kondisi internal maupun kondisi eksternal, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak sangat diperlukan. Akumulasi dari kemampuan tersebut dapat diwujudkan dengan sedini mungkin membangun komitmen untuk mensinergikan aktivitas bersama pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan.

\n

Adapun visi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak?? adalah sebagai berikut :

\nTERWUJUDNYA KUALITAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN YANG PRIMA\n

Visi tersebut diharapkan dapat mendukung Visi Pemerintah Kabupaten Pontianak, dimana Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak?? mewujudkannya dengan menyediakan prasarana dan sarana meliputi prasarana dan sarana penyediaan informasi kearsipan serta sarana dan prasarana perpustakaan dan sarana dan prasarana rutin kantor yang mendukung peningkatan tercapainya kualitas dan kuantitas pelaksanaan tugas dan fungsi yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat?? Kabupaten Pontianak.

\n

MISI

\n

Terwujudnya visi yang telah ditetapkan merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap pegawai Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut ditetapkanlah misi yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana, sehingga hal yang masih abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata pada misi tersebut. Lebih jauh, pernyataan misi Kantor Perpustakakan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak akan memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh organisasi, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.

\n

Misi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak ditetapkan sebagai berikut :

\n\n
    \n\t
  1. Pembinaan dan pengembangan informasi berbasis teknologi untuk peningkatan perpustakaan.
  2. \n\t
  3. Peningkatan minat dan budaya baca masyarakat.
  4. \n\t
  5. Meningkatkan sistem kearsipan.
  6. \n\t
  7. Meningkatkan sumber daya aparatur dan tertib administrasi perkantoran.
  8. \n
\n[tab:KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n

Sasaran 1 :

\nTerselenggaranya Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Sesuai Dengan ketentuan\n

Kebijakan :

\nMeningkatnya pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan\n

Program :

\nPengembangan Budaya baca dan pembinaan perpustakaan\n

Sasaran 2 :

\nMenyediakan sarana dan Prasarana Perpustakaan\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. \n
    Meningkatnya sarana dan Prasarana perpustakaan
  2. \n\t
  3. \n
    Penyediaan sarana layanan Perpustakaan berbasis teknologi Informasi
  4. \n
\n

Program :

\n

Pengembangan Sarana dan Prasarana perpustakaan

\n

Sasaran 3 :

\nTersedianya pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. \n
    Penyediaan data Base Bahan Pustaka di Perpustakaan
  2. \n\t
  3. \n
    Kelengkapan sarana pemeliharaan Jaringan Peralatan perpustakaan
  4. \n
\n

Program :\nPembangunan dan pelaksanaan Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi

\n

Sasaran 4 :

\nTecapainya Kualitas SDM Masyarakat Kabupaten Pontianak dengan tumbuhnya Minat dan Budaya Baca\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. \n
    Meningkatkan Kualitas pelayanan Perpustakaan
  2. \n\t
  3. \n
    Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Baca
  4. \n
\n

Program :

\n

Peningkatan Pelayanan dan pengelolaan perpustakaan dan Rumah Baca

\n

Sasaran 5 :

\nTerwujudnya Sistem Kearsipan Daerah Yang lengkap dan up To date\n

Kebijakan :

\n

Melaksanakan pembinaan dan Akuisisi Kearsipan serta Peningkatan sarana dan prasarana Arsip daerah

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Perbaikan system Administrasi Kearsipan
  2. \n\t