[tab:GAMBARAN UMUM]\n

Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (DISHUBBUDPAR) Kabupaten Pontianak dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2012 tentang?? Pembentukan dan Susunan?? Organisasi Perangkat Daerah?? Kabupaten Pontianak dan Keputusan Bupati Pontianak Nomor 47 Tahun 2008 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Organisasi Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata ??Kabupaten Pontianak. DISHUBBUDPAR ??Kabupaten Pontianak merupakan salah satu Dinas Daerah Kabupaten Pontianak yang terbentuk atas pengembangan fungsi Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata.

\n[tab:DATA PEGAWAI]\n

Untuk melaksanakan tugas-tugas yang diembannya, DISHUBBUDPAR Kabupaten Pontianak saat ini didukung oleh aparatur / pegawai sebanyak 61 orang, dengan perincian dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

\n

Tabel 1

\n

DATA PEGAWAI BERDASARKAN PANGKAT / GOLONGAN RUANG

\n

PERHUBUNGAN 1

\n

Tabel 2

\n

DATA PEGAWAI BERDASARKAN ESELON

\n

PERHUBUNGAN 2

\n \n

Tabel 3

\n

DATA PEGAWAI BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN

\n

PERHUBUNGAN 3

\n\n[tab:VISI DAN MISI]\n

a. V I S I

\n

TERWUJUDNYA KELANCARAN TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI SERTA BUDAYA DAN PARIWISATA YANG BERKUALITAS DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

\n

Penjelasan Makna

\n\n
    \n\t
  1. Kelancaran Transportasi dan Komunikasi dimaknakan sebagai suatu kelancaran arus orang, barang dan jasa serta informasi dan Telekomunikasi yang tertib, aman dan lancar tanpa hambatan dan rintangan termasuk didalamnya keamanan dan keselamatan. Bahwa tugas - tugas Transportasi dan Komunikasi dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan Angkutan orang, barang dan Jasa dan menghasilkan suatu pekerjaan yang berkualitas dan memuaskan serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah Daerah.
  2. \n\t
  3. Berkualitas yaitu arus transportasi, telekomunikasi dapat dinikmati dengan cepat, terjangkau serta budaya dan pariwisata yang memiliki nilai jual dengan mutu pelayanan yang optimal dan sesuai dengan perkembangan daerah. Menjadikan sektor Budaya dan Pariwisata memiliki potensi dan peluang untuk dikembangkan serta berperan menjadi lokomotif bagi usaha perekonomian daerah, tumbuh dan berkembang serta memberikan manfaat yang besar bagi daerah.
  4. \n\t
  5. Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dimaknakan bahwa pelaksanaan Transportasi dan komunikasi serta budaya dan Pariwisata yang dilaksanakan untuk mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, yaitu setiap pelaksanaan program dan kegiatan harus dapat dipertanggungjawabkan untuk kesejahteraan masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan oleh setiap pejabat atau aparatur pemerintah kepada pihak masyarakat atas kinerja pencapaian sasaran tertentu yang dilaksanakan.
  6. \n
\n

b. M I S I

\n\n
    \n\t
  1. Meningkatkan kualitas sumber daya Aparatur.
  2. \n\t
  3. Meningkatkan pelayanan angkutan, keselamatan lalu lintas dan Telekomunikasi.
  4. \n\t
  5. Meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana Perhubungan.
  6. \n\t
  7. Menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya dan pariwisata daerah dengan memanfaatkan potensi alam dan budaya asli daerah.
  8. \n
\n

Penjelasan Makna

\n

Misi Kesatu :

\n

"Meningkatkan Sumber Daya Aparatur".

\n

Untuk mewujudkan meningkatnya kualitas sumber daya aparatur yaitu dengan cara meningkatkan profesionalisme sumber daya aparatur. Dibutuhkan Pegawai dan sumber daya manusia yang mempunyai komitmen dan kemampuan tinggi dalam pelaksanaan tugas tugasnya. Hal ini salah satunya melalui keikutsertaan dalam pendidikan dan pelatihan baik pendidikan struktural maupun pelatihan fungsional yang diadakan oleh lembaga lembaga yang berkompeten untuk menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan. Melalui pemenuhan sarana dan prasarana kerja, peningkatan disiplin sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

\n

Misi kedua :

\n

"Meningkatkan Pelayanan Angkutan, Keselamatan Lalu Lintas dan Telekomunikasi"

\n

Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pontianak merupakan lembaga yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat secara keseluruhan.\nBahwa tugas pokok birokrasi pemerintah adalah untuk melayani dan mengatur ( regulatory ) masyarakat. Tugas pelayanan ini lebih menekankan kepada mendahulukan kepentingan umum, memberikan kemudahan serta layanan ( services ) yang baik, dengan memberikan pelayanan yang cepat, lancar dan memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna angkutan dengan meningkatkan kualitas Pelayanan Angkutan, keselamatan Lalu lintas dan Telekomunikasi yang aman tertib dan lancar.

\n

Misi ketiga :

\n

"Meningkatkan Penyediaan sarana dan prasarana Perhubungan".

\n

Dengan misi tersebut diharapkan Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pontianak dapat meningkatkan kualitas infrastruktur Perhubungan yakni dengan melaksanakan Pembangunan dan Pemeliharaan sarana dan Prasarana Perhubungan, terminal, halaman parkir, Dermaga / Steigher meningkatkan pembangunan dan pengelolaan pelabuhan sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

\n

Misi keempat :

\n

"Menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya dan pariwisata daerah dengan memanfaatkan potensi alam dan budaya daerah."

\n

Menggali dan mengembangkan kepariwisataan merupakan upaya membangun dan memanfaatkan potensi alam, budaya dan prasarana serta fasilitas ekonomi pariwisata sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi wisatawan yang pada akhirnya memberikan manfaat dan keuntungan bagi daerah, masyarakat pada umumnya dan bagi sector-sektor lainnya

\n[tab:KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n

Sasaran 1 :

\n

Meningkatnya Kinerja Aparatur Untuk Mendukung Kelancaran Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Serta Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

\n

Kebijakan :

\n

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur Untuk Mendorong Tercapainya Pelayanan Kepada Masyarakat Secara Cepatdan Tepat Sesuai Dengan Standar pelayanan

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. \n\t
  3. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  4. \n\t
  5. Peningkatan Disiplin Aparatur
  6. \n\t
  7. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  8. \n\t
  9. Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
  10. \n
\n

Sasaran 2 :

\n

Tercapainya Disiplin Masyarakat Pengguna Angkutan Yang tertib, Aman dan Lancar Serta Tercapainya Kelancaran telekomunikasi Secara Memadai Dengan Dukungan Informasi dan Komunikasi Yang Mantap

\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. Penertiban Arus Lalu Lintas, Orang, Barang dan Jasa Serta Keselamatan Angkutan Guna Mendukung Pembangunan
  2. \n\t
  3. Mengembangkan Sarana dan Prasarana Informasi, Komunikasi, Telekomunikasi, Transformasi Sungai, Laut dan Udara untuk Meningkatkan Aktivitas Perdagangan, Produksi, dan Pemasaran Guna Mendukung Pembangunan Daerah
  4. \n
\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Peningkatan Pelayanan Angkutan
  2. \n\t
  3. Peningkatan dan Pengamanan Lalu Lintas
  4. \n\t
  5. Peningkatan Kelayakan Pengoperasian Kendaraan Bermotor
  6. \n\t
  7. Peningkatan Pelayanan Angkutan Sungai, Laut dan Udara
  8. \n\t
  9. Pengendalian dan pengamanan Lalu Lintas Angkutan Sungai
  10. \n\t
  11. Pengembangan Komunikasi Informasi dan Media Massa
  12. \n\t
  13. Fasilitasi Peningkatan SDM Bidang Komunikasi dan Informasi
  14. \n
\n

Sasaran 3 :

\n

Tersedianya sarana dan Prasarana Transportasi darat, Sungai, Laut dan Udara Secara memadai

\n

Kebijakan :

\n

Mengembangkan Sarana dan Prsarana Transportasi Darat, Laut, Sungai dan Udara untuk meningkatkan Aktivitas Perdagangan, Produksi, dan Pemasaran Guna Mendukung Pembangunan Daerah

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pembangunan Prasarana Fasilitas Perhubungan
  2. \n\t
  3. Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya
  4. \n\t
  5. Rehabilitasi dan Pemeliharaan Prasarana dan Fasilitas LLAJ
  6. \n\t
  7. Pembangunan Sarana dan Prasarana Perhubungan
  8. \n
\n

Sasaran 4 :

\n

Berkembangnya Nilai-nilai Kebudayaan Dan Pariwisata Daerah Dengan Memanfaatkan Potensi Alam dan Budaya Daerah

\n

Kebijakan :

\n

Mendorong dan Meningkatkan Partisipasi Swasta dan Masyarakat Dalam pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Daerah

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pengembangan Nilai Budaya
  2. \n\t
  3. Pengelolaan Kekayaan Budaya Daerah
  4. \n\t
  5. Pengelolaan Keragaman Budaya
  6. \n\t
  7. Pengembangan Kerjasama Pengelolaan Kekayaan Budaya
  8. \n\t
  9. Pengembangan Pemasaran Pariwisata
  10. \n\t
  11. Pengembangan Destinasi Pariwisata
  12. \n\t
  13. Pengembangan Kemitraan.
  14. \n
\n

Sasaran 5 :

\n

Meningkatnya Kualitas Pelayanan dan Kegiatan Ketatausahaan Serta Profesionalisme Aparatur

\n

Kebijakan :

\n

Meningkatkan Pelayanan Administrasi Keuangan dan Memberikan Kesempatanan kepada Pegawai Untuk Mengembanmgkan keahlian dan Ketrampilan

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. \n\t
  3. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  4. \n\t
  5. Peningkatan Disiplin Aparatur
  6. \n\t
  7. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  8. \n\t
  9. Pengembangan Sistem pelaporan Capaian Kinerja dan pelaporan
  10. \n
\n[tab:SARANA DAN PRASARANA]\n

Sarana dan prasarana yang digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran berupa barang tidak bergerak yaitu bangunan kantor dan barang bergerak terdiri dari kendaraan dinas dan peralatan kantor. Secara garis besar, jumlah sarana dan prasarana kantor adalah sebagai berikut:

\n\n
    \n\t
  1. Bangunan Kantor sebanyak 1 Unit
  2. \n\t
  3. Mobil sebanyak 6 Unit
  4. \n\t
  5. Motor sebanyak 10 Unit
  6. \n\t
  7. Mesin Tik sebanyak 1 Unit
  8. \n\t
  9. Kursi Rapat sebanyak 1 Set
  10. \n\t
  11. Lemari Besi sebanyak 8 Unit
  12. \n\t
  13. ??Filling Kabinet sebanyak 9 Unit
  14. \n\t
  15. Brandkas sebanyak 1 Unit
  16. \n\t
  17. Meja Kerja sebanyak 53 Unit
  18. \n\t
  19. Mesin Hitung sebanyak 2 Unit
  20. \n\t
  21. Kursi Putar sebanyak 22 Unit
  22. \n\t
  23. Meja Komputer sebanyak 3 Unit
  24. \n\t
  25. AC sebanyak 9 Unit.
  26. \n\t
  27. Mesin Potong Rumput sebanyak 1 Unit
  28. \n\t
  29. Lemari Buffet sebanyak 3 Unit
  30. \n\t
  31. Wireless sebanyak 1 Unit
  32. \n\t
  33. CPU sebanyak 2 Unit
  34. \n\t
  35. Monitor sebanyak 2 Unit
  36. \n\t
  37. Printer sebanyak 3 Unit
  38. \n\t
  39. UPS sebanyak 1 Unit
  40. \n\t
  41. Faxcimile sebanyak 1 Unit
  42. \n\t
  43. Telpon sebanyak 1 Unit
  44. \n\t
  45. Pompa Air sebanyak 1 Unit
  46. \n\t
  47. Bak Sampah sebanyak 7 Buah
  48. \n\t
  49. Sofa sebanyak 1 Buah
  50. \n\t
  51. Laptop sebanyak 2 Unit
  52. \n
\n[tab:STRUKTUR ORGANISASI]\n\n\n