[tab:GAMBARAN UMUM]\n

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pontianak merupakan perangkat Daerah melaksanakan kewenangan otonomi dibidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dalam rangka pelaksanaan tugas desentralisasi dan tugas- tugas lainnya yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

\n

Dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati Pontianak Nomor : 01 Tahun 2010 tentang tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah Kabupaten Pontianak dan dijabarkannya dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pontianak Nomor 46 Tahun 2011 tentang Tugas Dan Fungsi Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Pontianak.

\n[tab:DATA PEGAWAI]\n

Jumlah sumber daya manusia meliputi pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan guru di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak sebanyak 2.706 orang, yang terdiri dari golongan ruang IV sebanyak 1.353 orang, golongan ruang III sebanyak 990 orang, golongan ruang II sebanyak 336 orang dan Golongan I sebanyak 3 orang.

\n[tab:VISI DAN MISI]\n

1) Visi

\n

a. Pernyataan Visi

\n

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan tentang kemana Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak akan diarahkan dan apa yang akan dicapai. Dalam mengantisipasi dan menghadapi tantangan kedepan serta untuk mewujudkan kondisi yang diinginkan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak secara terus menerus memanfaatkan peluang dan mengembangkan inovasi serta melakukan perubahan ke arah perbaikan. Perubahan yang akan dilaksanakan mempertimbangkan faktor-faktor yang berpengaruh seperti kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, peluang dan ancaman yang timbul dari luar yang akhirnya dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome) sesuai dengan keinginan stakeholders.

\nBertolak dari pemikiran tersebut maka Visi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak sebagai berikut :\n\nTerwujudnya Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Terampil, Mandiri, Berprestasi dan Berakhlaq Mulia\n

b. Penjelasan Makna Visi

\n

Visi tersebut mengandung makna bahwa melalui pendidikan yang bermutu diharapkankan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang baik, terampil dan berprestasi pada bidang keahliannya, mandiri, serta mempunyai akhlaq yang mulia.

\n

2) Misi

\n

a. Pernyataan Misi

\n

Terwujudnya visi tersebut diatas merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap personil Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut ditetapkanlah misi yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana, serta hasil yang akan diperoleh dimasa yang akan datang.

\n

Misi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak adalah sebagai berikut:

\n\n
    \n\t
  1. \n

    Meningkatkan Pembinaan Pendidikan Non Formal yang berorientasi pada kemampuan Akademik, sikap mandiri dan jiwa wiraswasta.

    \n
  2. \n\t
  3. \n

    Meningkatkan pemerataan Kesempatan dan memperoleh pendidikan yang berkualias

    \n
  4. \n\t
  5. \n

    Meningkatkan mutu pendidikan menengah yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

    \n
  6. \n\t
  7. \n

    Meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme tenaga dan manajemen pendidikan

    \n
  8. \n\t
  9. \n

    Meningkatkan kualitas pelayanan publik

    \n
  10. \n\t
  11. \n

    Meningkatkan Potensi dan Prestasi secara mandiri dan profesional

    \n
  12. \n
\n

Misi tersebut disusun dengan mempertimbangkan adanya kebutuhan ataupun tuntutan pada masyarakat yang menginginkan adanya akuntabilitas penyelenggara pemerintahan, adanya aparatur yang bersih, dan terselenggaranya manajemen pemerintahan yang baik, terselenggaranya otonomi daerah serta meningkatnya sinergi pengawasan sehingga tercapai pendidikan yang berkualitas setara dengan daerah lain.

\n

b. Penjelasan Makna Misi

\nMakna dari masing-masing misi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:\n

a. Misi Pertama:

\n

Meningkatkan Pembinaan Pendidikan Non Formal yang berorientasi pada kemampuan Akademik, sikap mandiri dan jiwa wiraswasta.

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat Meningkatkan mutu Pelayanan dan Pemerataan kesempatan memperoleh Pendidikan Non Formal keseluruh lapisan Masyarakat.

\n

b. Misi Kedua:

\n

Meningkatkan Pemerataan Kesempatan dan Memperoleh Pendidikan yang Berkualitas

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat meningkatkan mutu dan relevansi belajar mengajar pada jenjang pendidikan dasar sembilan tahun.

\n

c. Misi Ketiga :

\n

Meningkatkan Mutu Pendidikan Menengah yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu menciptakan lapangan Kerja

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat meningkatkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas mampu menciptakan lapangan kerja.

\n

d. Misi Keempat :

\n

Meningkatkan Kualifikasi dan profesionalisme tenaga dan Manajemen Pendidikan

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan dan manajemen pendidikan.

\n

e. Misi Kelima :

\n

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat melakukan penataan prosedur perizinan dan meningkatkan kinerja aparaturnya.

\n

f. Misi Keenam :

\n

Meningkatkan Potensi dan Prestasi secara mandiri dan profesionalisme

\n

Dengan misi tersebut, diharapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak dapat meningkatkan prestasi secara mandiri dan profesionalisme.

\n[tab:KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n

Sasaran 1 :

\nMeningkatnya Kualitas dan Kesejahteraan Keluarga kecil\n

Kebijakan :

\n

Meningkatkan pendidikan Non Formal Untuk Mendukung Pendidikan Masyarakat

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pendidikan Anak Usia Dini
  2. \n\t
  3. Program Pendidikan Non Formal
  4. \n
\n

Sasaran 2 :

\nMeningkatnya Pelayanan dan Pemerataan Pendidikan Dasar Sembilan Tahun\n

Kebijakan :

\n

Peningkatan Perluasan dan Pemerataan pelayanan Pendidikan Berkualitas Pada Jenjang Pendidikan Dasar Sembilan Tahun

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Program pendidikan Dasar Sembilan tahun
  2. \n
\n

Sasaran 3 :

\nMeningkatnya Mutu Jenjang Pendidikan Menengah\n

Kebijakan :

\n

Meningkatnya Mutu dan relevansi Kegiatan Belajar Mengajar Pada jenjang Pendidikan Menengah

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pendidikan Menengah
  2. \n
\n

Sasaran 4 :

\nMeningkatnya Kualitas dan Kuantitas Tenaga dan Efisiensi Tenaga Kependidikan\n\n \n

Kebijakan :

\n

Meningkatnya Profesionalisme Tenaga dan Mutu Manajemen Pendidikan

\n

Program :

\n\n
    \n
      \n\t
    1. Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan,
    2. \n
    \n
\n[tab:SARANA DAN PRASARANA]\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n1\n\n2\n\n3\n\n4\n\n5\n\n6\n\n7\n\n8\n\n9\n\n10\n\n11\n\n12\n\n13\n\n14\n\n15\n\n16\n\n17\n\n18\n\n19\n\n20\n\n[tab:STRUKTUR ORGANISASI]\n\n\n\n[tab:DATA LAIN]\n\n21\n\n \n\n \n\n \n\n \n\n \n\n