[tab:UMUM]\n

Dinas Pekerjaan Umum dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pontianak Nomor 1 Tahun 2008 tanggal 24 April 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pontianak.

\n

Dinas Pekerjaan Umum dikepalai oleh seorang Kepala Dinas dan dibantu Sekretaris dan 4 (empat) Kepala Bidang.

\n[tab:DATA PEGAWAI]\n

Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Pontianak, Dinas Pekerjaan Umum dalam Tahun 2011 didukung jumlah aparatur/ pegawai sebanyak 133 orang dan 206 Petugas Kebersihan yang bersifat Kontrakan serta 15 Pegawai Tidak Tetap, jumlah Pegawai Negeri Sipil dapat dirinci sebagai berikut :

\n\n

Sedangkan berdasarkan jenjang pendidikan jumlah pegawai dapat dijelaskan sebagai berikut :

\n\n[tab:VISI DAN MISI]\n

Adapun visi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pontianak adalah sebagai berikut:

\n

TERWUJUDNYA PEMUKIMAN DAN PRASARANA YANG BERKUALITAS

\n

Visi tersebut diharapkan dapat mendukung Visi Pemerintah Kabupaten Pontianak, dimana Dinas Pekerjaan Umum mewujudkannya dengan menyediakan prasarana dan sarana meliputi prasarana dan sarana jalan, jembatan, kesehatan, perkantoran pemerintah, pemukiman dan lingkungan, air bersih, pengamanan sungai dan pantai, kebersihan, perkuburan dan taman kota serta sarana dan prasarana rutin Dinas yang mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang memilki kualitas dan kuantitas yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat se-Kabupaten Pontianak.

\n

Terwujudnya visi yang telah ditetapkan merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pontianak. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut ditetapkanlah misi yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana, sehingga hal yang masih abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata pada misi tersebut. Lebih jauh, pernyataan misi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pontianak akan memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh organisasi, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.

\n

Misi Dinas Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pontianak ditetapkan sebagai berikut :

\n\n
    \n\t
  1. \n

    Meningkatnya Prasarana Jalan dan Jembatan, yang merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang pembangunan daerah terutama meningkatkan dan mengembangkan pembangunan serta pemeliharaan jalan dan jembatan yang menghubungkan dari desa ke desa (poros desa), dari desa ke ibu kecamatan dan dari ibu kota kecamatan ke ibu kota kabupaten serta dari pusat pertumbuhan kepusat produksi hingga pusat pemasaran. Disamping itu, meningkatkan dan memelihara jalan dan jembatan yang sudah ada sesuai dengan daftar luas kabupaten (daftar KI) sehingga mempelancar arus lalu lintas orang dan barang.

    \n
  2. \n\t
  3. \n

    Tersedianya sarana dan prasarana permukiman masyarakat yang sehat, dimana lingkungan pemukiman adalah bagian dari lingkungan hidup baik berupa kawasan perkotaan maupun kawasan pedesaan karena itu menjadi perhatian untuk peningkatan dan mengembangkan kualitas tempat tinggal yang layak huni, lingkungan yang bersih, serta penataan ruang dan pembangunan yang baik.

    \n
  4. \n\t
  5. \n

    Tersedianya sarana dan prasarana kebersihan, pertamanan dan perkuburan, yaitu Peningkatan sarana dan prasarana kebersihan, fasilitas Tempat Pembuangan Akhir Sampah, penataan taman ??? taman kota (termasuk penataan kuburan umum dan ruang terbuka hijau) serta penerangan lampu jalan umum.

    \n
  6. \n\t
  7. \n

    Meningkatnya pengelolaan jaringan pengairan, pengendalian banjir, dan konservasi sumber daya air, yaitu pola pengelolaan tata guna air sebagai sumber daya alam yang dikendalikan pemanfaatannya, menyelenggarakan konservasi air tanah dan air permukaan, mengendalikan pencemaran air serta melestarikan sumber ??? sumber air secara terpadu untuk kepentingan kehidupan orang banyak

    \n
  8. \n\t
  9. \n

    Pelayanan prima, yaitu pelayanan yang cepat, tepat, tanggap, murah dan mudah serta bertanggung jawab yang diberikan kepada masyarakat dan aparatur

    \n
  10. \n
\n[tab:KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n

Sasaran 1 :

\n

Meningkatnya Prasarana Jalan dan Jembatan

\n

Kebijakan :

\n

Meningkatnya Kelancaran arus Orang Serta Barang dan Jasa

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pembangunan Jalan Dan Jembatan
  2. \n\t
  3. Pembangunan Turap/ Talud/ Bronjong
  4. \n\t
  5. Pembangunan Saluran Drainase/ Gorong-gorong
  6. \n\t
  7. Inspeksi Kondisi Jalan dan Jembatan
  8. \n\t
  9. Tanggap Darurat Jalan dan Jembatan
  10. \n\t
  11. Pembangunan Sistem Informasi/ Data Base Jalan dan Jembatan
  12. \n\t
  13. Peningkatan Sarana dan Prasarana Kebinamargaan
  14. \n\t
  15. Rehabilitasi / Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
  16. \n\t
  17. Rehabilitasi/ Pemeliharaan talud/ Bronjong
  18. \n\t
  19. Peningkatan Jalan
  20. \n
\n

Sasaran 2 :

\n

Tersedianya Sarana dan Prasarana Pemukiman Masyarakat Yang Sehat

\n

Kebijakan :

\n

Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Faslitas Pemerintah dan Umum Serta Kebutuhan Dasar Masyarakat Secara Merata dan proporsional

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Peningkatan sarana dan Prasarana Aparatur
  2. \n\t
  3. Pembangunan Infrastruktur Pedesaan
  4. \n\t
  5. Perbaikan Perumahan Akibat Bencana Alam/Sosial
  6. \n\t
  7. Perencanaan Tata Ruang
  8. \n\t
  9. Pengembangan Perumahan
  10. \n\t
  11. Pembangunan Sistem Informasi Data Base Perumahan dan Pemukiman
  12. \n\t
  13. Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya
  14. \n\t
  15. Penyediaan dan Pengelolaan air Baku
  16. \n\t
  17. Pembangunan/ Pengembangan/ Penataan dan Infrastruktur Lingkungan Pemukiman
  18. \n\t
  19. Pengembangan Pengelolaan dan Konservasi sungai, Danau dan Sumber Daya Air Lainnya
  20. \n\t
  21. Pembangunan Saluran Drainase
  22. \n
\n

Sasaran 3 :

\n

Tersedianya sarana dan Prasarana Kebersihan, Pertamanan dan Perkuburan

\n

Kebijakan :

\n

Menciptakan Lingkungan Sehat Yang Tertata Rapi dan Asri

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pengelolaan Areal pemakaman
  2. \n\t
  3. Pengembangan Kinerja Pengelolaan Perssampahan
  4. \n\t
  5. Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau
  6. \n\t
  7. Pengendalian dan Pengamanan Lalu Lintas
  8. \n\t
  9. Pembangunan Sistem Informasi Data Base Kebersihan, Pertamanan dan Perkuburan
  10. \n\t
  11. Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan
  12. \n
\n

Sasaran 4 :

\n

Meningkatnya Pengelolaan Jaringan Pengairan, Pengendalian Banjir dan Konservasi Sumber Daya Air

\n

Kebijakan :

\n

Meningkatnya Kelestarian Fungsi dan Manfaat Sungai, Danau, Pantai, Waduk dan Rawa Konservasi

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya
  2. \n\t
  3. Pembangunan Sistem Informasi Data Base Pengairan
  4. \n
\n

Sasaran 5 :

\n

Meningkatnya Pelayanan Perizinan Kepada Masyarakat

\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. Penataan Prosedur Perizinan
  2. \n\t
  3. Penataan Pelayanan Persimpangan
  4. \n
\n

Program :

\n

Peningkatan Pelayanan Publik

\n

Sasaran 6 :

\n

Meningkatnya Pelayanan Ketatausahaan Aparatur

\n

Kebijakan :

\n\n
    \n\t
  1. Meningkatnya Pelayanan Kepegawaian
  2. \n\t
  3. Peningkatan pelayanan Aparatur
  4. \n
\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. \n\t
  3. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  4. \n\t
  5. Peningkatan Disiplin Aparatur
  6. \n\t
  7. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  8. \n\t
  9. Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
  10. \n
\n[tab:SARANA DAN PRASARANA]\n\n\n\n[tab:STRUKTUR ORGANISASI]\n