[tab:GAMBARAN UMUM]\n

Keberadaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak adalah sebagai dinas teknis sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pontianak Nomor 1 Tahun 2010 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pontianak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

\n[tab:DATA PEGAWAI]\n

Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam tahun 2012 didukung pegawai sebanyak 22 orang, yang dirinci menurut eselon adalah sebagai berikut :

\n

Tabel 1

\n

DATA PNS BERDASARKAN PANGKAT / GOLONGAN RUANG

\n

CAPIL 1

\n

Tabel 2

\n

DATA KONDISI JABATAN STRUKTURAL PER-DESEMBER 2012

\n

CAPIL 2

\n \n

Catatan :

\n

Pegawai yang memegang jabatan struktural sampai dengan bulan Desember 2011 berjumlah 8 orang hal ini disebabkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2011 ada dua jabatan yang belum terisi yaitu Kepada Bidang Administrasi Kependudukan dan Kepala Sub Bagian Umum.

\n[tab: VISI DAN MISI]\n

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak 5 (lima) tahun kedepan adalah :

\n

"Terwujudnya Tertib Administrasi Kependudukan Melalui Pelayanan Prima menuju Penduduk Berkualitas Tahun 2014"

\n

Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak tersebut dapat diuraikan secara ringkas seperti berikut ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pengertian dari:

\n\n
    \n\t
  • Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.
  • \n
\n
    \n\t
  • Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada Instansi Pelaksana.
  • \n
\n

Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan yang ditangani oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak, oleh karena itu dalam menjalankan tugas tersebut ada harapan yang ingin diwujudkan, yaitu :

\n

Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus tertib, yaitu dalam melaksanakan kegiatan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil selalu menjalankan tahapan atau prosedur yang berlaku dan tidak menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku. Misalnya dalam pendaftaran penduduk harus ditangani mulai dari tingkat RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, baru ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

\n

Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga harus akurat, yang berarti dalam melaksanakan kegiatan pencatatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, data yang ada dan yang dihasilkan itu harus benar sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

\n

Selain itu Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga harus dinamis, yaitu dalam melaksanakan sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil data yang ada harus mengikuti perkembangan terakhir, sehingga perubahannya kelihatan setiap waktu.

\n

Pelayanan Prima yang terkandung didalam Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak berarti bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus mampu memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dan Akta???akta Pencatatan Sipil yang baik dalam arti transparan, cepat dan tepat, sekaligus sebagai bukti otentik dan memberikan kepastian hukum yang sebesar???besarnya kepada masyarakat.

\n

Apabila Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat berjalan dengan tertib, akurat dan dinamis, maka dalam penyusunan rencana pembangunan dan dalam menentukan kebijakan pembangunan akan dapat diambil dengan tepat sehingga masyarakat akan semakin sejahtera dari berbagai aspek. Pada akhirnya masyarakat yang berkualitas dan sejahtera akan dapat diwujudkan sesuai dengan Visi Kabupaten Pontianak.

\n

Misi merupakan gambaran kegiatan yang akan dicapai dalam rangka mewujudkan rumusan Visi sehingga tujuan, sasaran dan strategi yang akan dicapai menjadi semakin jelas dan terarah. Misi harus dirumuskan dan digambarkan secara jelas serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada kewenangan yang ada. Disamping itu harus pula memperhatikan perubahan dan tuntutan kemajuan pembangunan secara mikro dan makro.

\n

Dalam merumuskan Misi sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, harus memperhatikan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada kewenangan serta memperhatikan permasalahan yang sedang dan akan dihadapi baik secara internal maupun eksternal, sehingga Misi tersebut harus dapat :

\n\n
    \n\t
  1. Mencakup semua pesan yang terdapat dalam Visi
  2. \n\t
  3. Memberikan petunjuk terhadap tujuan yang akan dicapai
  4. \n\t
  5. Memberikan petunjuk kelompok sasaran yang akan dilayani.
  6. \n
\n

Berdasarkan uraian di atas, maka Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak sebagai berikut :

\n\n
    \n\t
  1. Menyusun perencanaan bidang kependudukan dan catatan sipil melalui peningkatan kesadaran dan peran serta masyarakat.
  2. \n\t
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan aparatur.
  4. \n
\n[tab: KEBIJAKAN DAN PROGRAM]\n

Sasaran 1 :

\n

Terciptanya Iklim Yang kondusif bagi Terselenggaranya Pelayanan Administrasi Kependudukan Yang Baik dan dapat Dipertanggungjawabkan Sesuai Peraturan Perundang-undangan Yang Berlaku

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Penataan Administrasi Kependudukan
  2. \n
\n

Sasaran 2 :

\n

Meningkatnya Kinerja Aparatur Untuk Mendukung Kelancaran Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Serta meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

\n

Program :

\n\n
    \n\t
  1. Pelayanan Administrasi perkantoran
  2. \n\t
  3. Peningkatan sarana dan prasarana Aparatur
  4. \n\t
  5. peningkatan disiplin Aparatur
  6. \n\t
  7. Fasilitasi Pindah / Purna tugas PNS
  8. \n\t
  9. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  10. \n\t
  11. Peningkatan Pengembangan sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan keuangan
  12. \n
\n[tab: STRUKTUR PRGANISASI]\n\n\n