BADAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN MEMPAWAH DIBENTUK BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 43 TAHUN 2017.

ADAPUN TUGAS DAN FUNGSI DARI BADAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN MEMPAWAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1. Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, mempunyai tugas:

  1. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencangkup pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi secara adil dan setara;
  2. Menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana;
  4. Menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanganan bencana;
  5. Melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Kepala Daerah setiap bulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;
  6. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang;
  7. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah; dan
  8. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat, efektif dan efisien; dan
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh;
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

STRUKTUR ORGANISASI