KI Kalbar Visitasi PPID Utama Kabupaten Mempawah

  • BY DAVID
  • ON 06 SEPTEMBER 2018
http://mempawahkab.go.id/public/uploads/images/posts/mPosts_3436723805_Monev_Web.jpg

MEMPAWAH DISKOMINFO – Dalam rangka mendorong keterbukaan informasi di Kalimantan Barat, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat, mengadakan penilaian kinerja dan pemeringkatan badan publik di Kabupaten Mempawah Rabu, (5/8) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mempawah.

“Ini tindak lanjut dari monev yang kita lakukan, dan kami senang visitasi ini disambut baik oleh PPID Utama Kabupaten Mempawah, disamping itu kegiatan ini adalah sebagai implementasi dari Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dilaksanakan dengan prinsip transparan dan akuntabel,” ucap Ketua KI Kalbar.

Disambut langsung Kepala Bagian Bidang Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mempawah, Syamsul Rizal selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama. Didampingi Kasubag Aplikasi Imformatika dan LPSE Dinas Kominfo Iin Suhamberis dan Kasubag Komunikasi dan Informatika Herlina Mujawati, tim penilai terdiri dari Ketua KI Provinsi Kalbar Rospita Vici Paulyn dan Wakil Abang Amirullah,  serta didampingi Kasubag Penyaringan Informasi Setda Provinsi Kalbar Uslan.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi (monev) serta pemeringkatan badan publik 2018 yang dilakukan oleh KI Kalbar, baru sekitar 50 persen badan publik yang sudah menerapkan keterbukaan informasi publik. Kegiatan ini dilakukan oleh KI Kalbar untuk mengetahui sejauh mana informasi yang dilakukan oleh badan – badan publik, disamping itu juga untuk mendorong keterbukaan informasi di Kalbar,” ujar Rospita.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja PPID kabupaten Mempawah, meskipun adanya keterlambatan indikator kinerja yang kami kirim lewat JNE, tetapi data – data yang diperlukan bisa dilengkapi dengan baik,” ungkap Rospita.

Adapun data – data yang dilaporkan kepada tim penilai antara lain, Standar Operasional Prosedur(SOP) pengajuan rencana kerja (Renja), laporan keuangan, informasi berkala, serta merta dan setiap saat. Dengan adanya visitasi ini,”saya berharap, badan publik yang ada di Kabupaten Mempawah masuk dalam lima besar kategori terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” ucap Rospita mengakhiri. (Dvd)

Tags Terkait

Pemkab Mempawah